expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Minggu, 11 September 2016

Pentingnya Generasi Sehat bagi Masa Depan Bangsa



Kesehatan merupakan harta paling berharga yang wajib dimiliki oleh semua orang. Kualitas kesehatan penduduk berpengaruh pada tingkat kesejahteraan penduduk. Semakin tinggi kualitaas kesehatan penduduk di suatu Negara, maka semakin tinggi pula tingkat kesejahteraan penduduk di Negara tersebut. Jika kesejahteraan penduduk suatu Negara tinggi, maka tingkat pemikiran penduduk Negara tersebut akan jauh lebih tinggi dan luas dibandingkan dengan Negara yang penduduknya kurang sehat. Pemikiran penduduk yang tinggi dan luas akan menghantar Negara tersebut menuju masa depan yang indah dan cerah.

Negara Indonesia aalah Negara berkembang, tingkat kesehatan penduduk di Indonesia cenderung rendah, oleh karena itu Negara Indonesia sulit untuk mengubah status menjadi Negara maju. Berbeda dengan Negara Singapura, tingkat kesehatan penduduk di Negara maju ini jauh lebih tinggi dan baik dibandingkan Negara Indonesia. Oleh karena itu penduduk Negara Singapura cenderung berpemikiran lebih maju dibandingkan penduduk Negara Indonesia. Tak ada yang tak mampu untuk dilakukan, jika bangsa Indonesia ingin melangkah maju dan mengubah status menjadi Negara maju, maka kita tidak perlu bingung untuk mencari contoh yang tepat. Negara Singapura yang menjadi Negara tetangga kita, dapat menjadi contoh atau teladan yang tepat.
  
Langkah awal yang harus diambil adalah memberikan penyuluhan kesehatan dan makanan pada masyarakat. Masyarakat terlebih dahulu harus mengetahui kualitas makanan, tingkatan gizi, dan keshatan lingkungan sekitar. Jika ketiga hal tersebut sudah tertanam dalam diri masyarakat, maka masyarakat secara sendirinya mengubah pola hidup mereka yang kurang sehat menjadi pola hidup yang sehat. Hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya harus dibiasakan dalamdiri masing – masing individu. Jika masyarakat sudah bisa mengendalikan diri untuk membuang sampah pada tempatnya, setidaknya tidak ada sampah yang berceceran di jalan, sampah yang menyumbat aliran suangai, dan sampah yang menumpuk di tempat umum. Selain menjaga kebersihan lingkungan, masyarakat juga harus menjaga kesehatan diri. Menjaga pola makan dengan ytidak jajan sembarangan, selalu makan dengan pola 4 sehat 5 sempurna, dan biasakan untuk membawa bekal ke sekolah / tempat bekerja karena makanan buatan rumah jauh lebih sehat dan bermutu. Jika pola makan sehat sudah dibiasakan dalam kehidupan sehari – hari, maka bisa dipastikan bahwa penduduk tersebut memiliki daya tahan tubuh yang sehat. Setelah menjaga pola makna yang sehat, masyarakat juga harus menjaga kebugaran tubuh. Hal itu dilakukan dengan olah raga secara teratur. Banyak penduduk indonesia yang bekerja dari pagi sampai malam, sehinga tidak dapat meluangkan waktu untuk berolah raga. Jika tidak bisa meluangkan waktu di hari bekerja, maka aktivitas tersebut dapat dilakukan saat hari minggu atau saat libur. Selain pada masyarakat, upaya untuk membiasakan hidup sehat juga harus ditanamkan dalam diri para pejabat pemerintahan. Untuk mengantar Negara indonesia menuju masa depan yang cerah, setidaknya pemerintahan dapat memikirkan cara untuk meningkatkan taraf kesehatan penduduk dengan menanggulangi sampah. Jika pemerintah tidak mengamnil langkah yang tegas terhadap sampah maka sampah akan senantiasa menumpuk dan bertambah. Semakin banyak sampah, polusi lingkungan akan semakin menjadi – jadi. Membutuhkan waktu bertahun – tahun untuk menguraikan sampah non – organik, oleh karena itu pemerintah harus memberikan penyuluhan kepada masyarakat bahwa penggunaan benda non – organik harus dikurangi. Limbah non – organik tersebut harus didaur ulangkan kembali agar penggunaannya tidak terlalu banyak. Masalah kesehatan juga ada kaitannya dengan penggunaan gadget. Di era globalisasi ini, gadget telah menjadi kebutuhan hidup manusia, bahkan untuk sebagian orang gadget sudah menjadi bagian dari hidupnya. Penggunaan gadget yang berlebihan akan berakibat buruk pada manusia karena gadget memancarkan sinar radiasi yang dapat menyebabkan kanker otak serta penyakit lainnya. Karena bahayanya sinar radiasi gadget, maka masyarakat harus mengurangi pemakaian gadget, karena jika gadget dipakai sesuai kebutuhan pada tempat dan waktu yang tepat dampak dari pemakaian gadget akan jauh lebih kecil dan ringan dibandingkan dampak dari pemakaina terus menerus.

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, jika kita mau berusaha dan bekerja keras, sesuatu yang bahkan sangat tidak mungkin dilakukan akan menjadi mungkin. Sama halnya dengan bangsa Indonesia, jika masyarakat Indonesia berkemauan keras, selalu berusaha, dan bekerja keras untuk menggapai cita – cita bangsa, maka segala sesuatu yang tak mungkin akan menjadi mungkin. Mari kita tanamkan cara hidup sehat dalam diri kita sendiri dan orang lain agar bangsa Indonesia memiliki masa depan yang indah dan cerah. Beberapa kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel di atas untuk menjadi generasi yang sehat, yaitu :
1.     Biasakan hidup sehat dengan menjaga pola makan yang sehat
2.     Membiasakan diri membawa bekal ke sekolah atau tempat bekerja
3.     Membuang sampah pada tempatnya
4.     Tidak jajan sembarangan
5.     Menjaga kebugaran tubuh dengan berolah raga
6.     Meminimalkan penggunaan gadget atau alat elektronik lainnya

Jika kita sebagai masyarakat Indonesia sudah mampu melakukan beberapa hal di atas, maka bisa dipastikan Negara Indonesia bangsa Indonesia dapat mengubah status menjadi Negara maju. Mari kita mulai dengan perubahan kecil agar Bangsa Indonesia dapat meraih cita – cita yang diimpikan dengan semangat persatuan dan cinta tanah air.

Sekian artikel tentang pentingnya kesehatan terhadap masa depan bangsa. Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan, bahasa, maupun kata serta kalimat yang kurang berkenan. Terima kasih karena sudah membaca, semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar