expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 19 Agustus 2016

Kemerdekaan yang Sebenarnya



Merdeka… Merdeka…
“Apa itu merdeka ??? apakah itu merupakan kosakata baru ?? apakah itu sangat berarti ???”
Pertanyaan itu terus saja muncul di dalam lubuk hati ku. Aku sempat bingung apa itu merdeka, namun sekarang aku tahu, merdeka itu kebebasan.
Kebebasan yang mutlak dan terkendali. Orang bilang, merdeka itu harta yang sangat berharga, juga ada yang bilang merdeka itu kebahaagian. Namun, ‘merdeka’ itu hanya sebuah kata, tidak berwujud, namun bisa dirasakan. Deskripsi orang tentang kata ‘merdeka’ itu memang benar. Namun, belum tentu mereka sudah merasakannya.

Seperti halnya Negara kita, Negara Indonesia. Negara kita memang sudah merdeka, namun belum tentu penduduknya sudah merasakan kemerdekaan yang sebenarnya. Mengapa dikatakan seperti itu ?? karena tidak semua penduduk Indonesia sejahtera. Orang bilang merdeka itu aman, kenyataannya Negara kita masih belum aman, banyak sekali tindakan kriminalitas di Negara kita. Orang bilang merdeka itu sejahtera, kenyataannya masih banyak penduduk Indonesia yang tinggal di daerah kumuh bahkan di pinggir jalan, masih banyak penduduk Indonesia yang meninggal di usia dini karena kekurangan gizi dan kesehatan yang buruk, masih banyak penduduk Indonesia yang tidak bersekolah karena pendapatan rendah, dan lainnya. Apakah itu disebut kemerdekaan ????

Saat ini, Negara kita sedang mengalami berbagai macam masalah, baik masalah keamanan, kesehatan, pendidikan, dan berbagai masalah lainnya. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus dapat membenahi Negara kita ini dari berbagai masalah. Selain itu, kita juga harus bisa mewujudkan ‘kemerdekaan’ yang sebenarnya agar semua orang dapat merasakannya. Hal itu dikarenakan, kemerdekaan bukan untuk satu orang / kelompok saja, melainkan untuk semua orang dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, kita setidaknya harus bisa menjadi pribadi yang berkualitas demi bangsa dan Negara dengan melakukan hal – hal yang dapat kita lakukan sekarang seperti rajin belajar. Dengan begitu kita bias membopong Negara ini ke masa depan yang cerah.

Mari kita menjadi generasi muda yang berkualitas, sehingga dapat membopong Negara tercinta ini menuju kemerdekaan yang sebenarnya !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar